Apa itu IMK?
Menurut
saya IMK adalah singkatan dari Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human
Computer Interaction) yang merupakan komunikasi dua arah antara pengguna
sebagai user dengan sistem komputer yang saling mendukung dengan mempelajari
desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai
oleh manusia yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan
utama interaksi manusia dan komputer adalah memudahkan manusia dalam
mengoperassikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan
selama bekerja pada sebuah sistem komputer.
Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer
a.
Berguna (usable), Menghasilkan sistem yang dapat
digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan oleh user
(user friendly).
b.
Fungsionalitas, fungsi – fungsi yang ada dalam
sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan.
c.
Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki
tingkat pengamanan data atau tidak.
d.
Efektifitas, dan Efisiensi, berpengaruh pada
produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat haris berfungsi
dengan baik.
e.
Fungsional, Untuk memudahkan manusia dalam
mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan
user.
Sejarah dari IMK itu tersendiri
dimulai dari Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun
50-an dan masih sulit dipakai dan tidak praktis dan waktu eksekusinya sulit
diprekdisi karena beberapa faktor penyebabnya yaitu mulai dari ukurannya yang
besar dan harga yang sangat mahal sehingga jika dibandingkan tenaga buruh saat
itu masih jauh lebih murah, lalu hanya dapat dioperasikan oleh tenaga teknisi
spesialis yang sudah terbiasa melakukan pemrograman secara online menggunakan
kartu plong (punch card) dan hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana
membuatnya mudah untuk digunakan . Lalu pada tahun 70-an Komputer pribadi (PC)
dikerkenalkan yang dengan cepat merambat keberbagai kebutuhan (pendidikan,
peradagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya) yang dipengaruhi juga
oleh rancang sistem.Rancang sistem dirancang harus berorientasi kepada pemakai
(user interface) yang diketahu sebagai Man-Machine Interaction(MMI) atau
Interaksi Manisa-Mesin). Rancangan sistem berorientasi kepada pemakai dengan
memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) yang
akan meberikan kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.
Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istrilah Human-Computer
Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer (IMK). Awalnya HCI hanya
terfocus pada kegunaan konsep slogan “easy
to learn, easy to use” yang memberikan indentitas sebagai bagian dari
komputer yang berfungsi sebagai membantu komputer berkembang secara lebih luas
dan efektif. Lalu konsep HCI di rekonstruksi terus-menerus sehingga kegunaannya
sekarang lebih meningkat mulai dari segi
kesenangan, kesejahteraan, efikas kolektif, dan meningkatkan kreativitas
manusia.
Bidang studi/Ilmu yang Berperan dalam IMK
Dalam mempelajari tentang interaksi manusia dan komputer
kita harus memahami beberapa bidang ilmu baik itu secara langsung maupun tidak
langsung, bidang itu meliputi.
a.
Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer, akan
membantu dalam mengimplementasi hasil rancang ke dalam program aplikasi yang
memberikan semacam kerangka kerja yang memungkinkan membantu dalam merancang
sistem interaksi manusia dan komputer.
b.
Psikologi, bahwa pengguna memiliki sifar yang
beraenak ragam maka dari itu kita harus memahami si user tersebut dengan
menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang
dimilikinya.
c.
Perancangan grafis dan tipografi, keahlian
merancang grafik dan tipologi menjadi salah satu kunci penting karena perangkat
antarmuka yang disusun dengan baik akan dapat mudah ditangkap oleh sang user.
d.
Ergonomik, berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman baik dari meja, kursi, layar tampilan,
keyboard, mouse, posisi duduk, letak lampu penerangan, suasana lingkungan kerja
dan aspek aspek lainnya.
e.
Antropologi, pandangan mendalam tentang cara
kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan
kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing.
f.
Linguistik, merupakan cabang ilmu pengetahuan
yang mempelajari tentang bahasa yang
membantu mengarahkan pengguna berinteraksi dengan komputer.
g.
Sosiologi, berkaitan dengan studi tentang
pengaruh sistem manusia komputer dalam struktur sosial.
Antarmuka pengguna (User Interface)
Merupakan bentuk tampilan grafis
yang berhubungan langsung dengan pengguna (user) yang bergfungsi sebagai
penghubung antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat
digunakan. Dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin adalah sebuah
tempat dimana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi
antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol
mesin yang efektif. Dari sudut pandang
pengguna merupakan keseluruhan sistem tersebut.
Meningkatkan Interaksi antara manusia dengan sistem komputer
Sistem yang bermanfaat (usable)
dan aman (safe), artinya dapat berfungsi dengan baik dan dapat mengembangkan
dan meningkatkan kemanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability),
efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksut
merupakan lingkungan keseluruhan baik itu perangkat keras dan lunak maupun
masyarakat atau keluarga. Ketergunaan (usability) bahwa sisttem yang dibuat
dapat mudah digunakan dan mudah dipelajari oleh semua orang baik individu
maupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem
tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Penentu keberhasilan suatu sistem meliputi 3 hal yaitu:
·
Useful, atau fungsional, dapat mengerjakan
sesuatu
·
Usable, dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah
dan mengerjakannya dengan benar (does the right things)
·
Used, terlihat baik atau tersedia dan diterima
oleh pemakai
Konfigruasi dasar komputer &
interaksi dengan manusia dilakukan dengan umumnya, interaksi manusia dan
komputer (pengguna saling berinteraksi dengan komputer) dilakukan lewat masukan
(input) lalu ke proses dilanjutkan ke keluaran (output) dan hasilnya kepada End
User, lalu dari End User melakukan perintah kembalik ke masukan (Input) begitu
seterusnya.
Komponen Utama Program Aplikasi
dibagi menjadi 2 yaitu bagian antarmuka, yang berfungsi sebagai sarana dialog
antara manusia dan komputer. Bagian Aplikasi, berfungsi untuk menghasilkan
informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat
algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut.
Strategi pengembangan Antarmuka secara
garis besar, pengembangan bagian antarmuka perlu memperhatikan beberapa hal
berikut seperti Pengaruh mekanisme fungsu manusia sebagai pengguna komputer, Berbagai
informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog, Penggunaan prototipe
yang didsarkan pada spesifikasi dialog formal, dan lalu Teknik evaluasi yang
digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan.
Pentingnya perancangan Antarmuka
pengguna yang baik ialah dengan Menguragi biaya penulisan program, Mempermudah
penjualan produk, dan Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi. Dampak
antarmuka pengguna yang baik biasanya akan mengakibatkan Peningkatan
produktivitas, Mengurangi biaya pelatihan pegawai, Mencegah pengambil alihan
pegawai, kepuasan pengguna, danProduksi hasil dengan kualitas yang lebih baik.
Biasanya penyebab adanya
antarmuka yang kurang baik dari berbagai faktor kurangnya pendidikan /
pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka, Penyebaran pengetahuan
yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik, lalu Perkembangan
teknologi yang sangat cepat, dan Koordinasi yang kurang baik dalam pengembang
aplikasi.
Bidang bidang kerja dalam IMK
adalah Designer interaksi, mereka yang biasanya terlibat dalam mendesain aspek
aspek sesuatu produk. Designer web, mereka yang membangun dan menciptakan
desain laman web. Arstiek Informasi, mereka yang mencetuskan ide tentang
bagaimana untuk merancang produk interaktif, dan terakhir User experience
designer, mereka adalah yang membuat kesemua di atas termasuk menjalankan
kajian tentang desain produk.
Begitulah menurut saya tentang
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) menurut saya. Jika ada yang salah tolong
diberitahukan, Terima Kasih
Sumber:
how does it work?
ReplyDeletemicrotouch titanium trim reviews - ITALIAN ART
ReplyDeleteMicrotouch Titanium trim winnerwell titanium stove was created 2019 ford edge titanium for sale by Kiron and gr5 titanium will complement the existing MicroTouch OLED titanium grey models, providing croc titanium flat iron a unique and premium
siapa yang pertama kali memperkenalkan ilmu pengetahuan IMK?
ReplyDelete