Makalah Interaksi Manusia dan Komputer




Makalah

Interaksi Manusia dan Komputer








WEB OWL NEWS

Nama Kelompok :

1. Bagas Wahyu Vidiasmoro

2. Dais Nurfaizi Novsa

3. Umar Yuto



BAB 1


1.1 Latar Belakang

Berita adalah sajian informasi tentang suatu kejadian yang berlangsung atau kejadian yang sedang terjadi. Penyajian berita dapat dilakukan melalui informasi berantai dari mulut ke mulut atau secara langsung. Ada juga yang menggunakan media, baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik seperti televisi, radio, internet, dan website.

Website merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.

Seiring perkembangannya jaman teknologi pun semakin maju dan kepraktisan ada disana sini, contohnya koran. Koran merupakan surat kabar yang dicetak pada kertas yang dapat dibaca yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi. Pada makalah kali ini web yang kita buat adalah website berita yang digunakan untuk tujuan pengumulan berita dan pembuatan berita, supaya kita dapat membaca berita secara online tanpa menggunakan kertas yang di cetak lagi, dengan begini kita tidak perlu lagi susah membawa koran untuk membaca berita, cukup membuka web ini maka kita akan membaca berita yang telah di buat.

Berita menjadi menarik dan memiliki kualitas apabila ditulis berdasarkan fakta dan peristiwa yang telah terjadi sehingga disebut dengan fakta. Kemenarikan berita yang terdapat dalam media cetak dapat dilihat dari judul yang digunakan. Judul berita sangat penting untuk mengantarkan pembaca masuk ke dalam berita. Judul berita digunakan untuk merangkum isi berita kepada pembaca mengenai isi berita.

1.2 Rumusan Masalah
      1. Apa pengertian internet ?
      1. Apa pengertian berita ?
      2. Software yang digunakan serta Bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk membuat web ini ?
      3. Apa fungsi dari main menu dari web ini?

1.3 Tujuan Masalah
      1. Mengetahui pengertian dari internet
      2. Mengetahui pengertian dari berita
      3. Mengetahui software yang digunakan serta Mengetahui bahasa pemrograman yang digunakan ?
      4. Mengetahui fungsi main menu pada web ini


BAB II

  1. Pengertian Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.


2.2 Pengertian Berita

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Menulis berita bukan sekadar mencurahkan isi hati. Sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aktual, dan informatif. Tidak seperti menulis karangan yang mendayu-dayu. Kualitas berita tentu harus memenuhi kriteria umum penulisan, maka dari itu kita perlu mengetahui sifat dari sebuah berita. Berikut merupakan sifat berita:

Sifat Berita

      1. Aktual (baru). Hal-hal yang baru lebih memiliki nilai berita dibandingkan hal-hal yang terjadi sudah lama.
      2. Jarak (jauh/ dekat). Khalayak lebih tertarik akan kejadian yang terjadi di sekitar mereka dibandingkan dengan kejadian di tempat yang lebih jauh.
      3. Penting. Sesuatu menjadi berita saat dianggap penting, karena berpengaruh pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
      4. Akibat. Sesuatu menjadi berita karena memiliki dampak yang besar, contoh: penayangan film Fitna di situs YouTube.
      5. Pertentangan/ konflik.
      6. Seks. Contohnya seperti perceraian, perselingkuhan, dan lain sebagainya
      7. Ketegangan. Contohnya seperti saat-saat pelantikan presiden.
      8. Kemajuan-kemajuan. Inovasi baru atau perubahan.
      9. Emosi, segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan membuat marah, sedih, kecewa. Contohnya: pemberitaan tentang bayi baru lahir yang ditemukan di tempat sampah.
      10. Humor.

    1. Software yang digunakan dan Bahasa Pemrograman yang digunakan
        1. Atom
        2. Php Mysql
        3. Bootstrap

2.4 Fungsi menu-menu pada website owl news

Gambar 1.0 Halaman Utama Website

Halaman utama, disini berisi tentang tampilan postingan yang terakhir di posting oleh user dan admin.Pada tampilan menu utama jika ingin membaca lebih lanjut tentang berita tersebut maka cukup click pada berita yang ingin kita baca maka Ia akan mengganti halaman keberita lengkap tersebut.

Gambar 1.1 Pop Up Login

Pop Up Login, disini kita akan menampilkan tampilan untuk login user dan admin, terdapat tampilan untuk menulis Username, Password. Lalu Login untuk masuk dan Close untuk keluar dari Pop Up tersebut.

Gambar 1.2 Halaman Tab Menu

Tab Menu, tampilan ini merupakan tampilan kategori dari setiap postingan. Terdapat 4 kategori disini Nasional, Internasional, Ekonomi, dan Bisnis disetiap tab tersebut jika kita click akan masuk kedalam tampilan postingan postingan yang isinya tentang kategori dari postingan tersebut

Gambar 1.3 Halaman Data Report User

Data Report User, tampilan ini merupakan tampilan para pengguna (user) dimana disini tempat untuk melihat postingan yang kita posting mendapatkan keluhan atau masalah dari para pembaca. Terdapat tampilan nomor urut, nama dan email pelapor, Url atau link postingan yang di report, Isi report yang iatulis, dan Option yang harus dilakukan untuk postingan tersebut.

Gambar 1.4 Halaman Edit Berita User

Halaman edit berita berfungsi untuk mengedit berita yang telah di buat sebelumnya oleh user jika masih terdapat kesalahan dalam isi berita ataupun sang penulis berita ingin menambahkan isi beritanya. Dan tampilan pada halaman edit ini sama seperti halaman pada bagian input berita dan menu menunnya kurang lebih sama. Yaitu terdapat :

1. judul : user dapat mengubah judul yang telah mereka buat sebelumnya ataupun ingin melengkapi judul yang sebelumnya telah dibuat.

2. kategori : user dapat mengubah pada bagian kategori misalnya yang sebelumnya mereka memilih kategori nasional dan mereka bisa mengubahnya menjadi internasional.

3. isi berita : pada tampilan isi berita ini user dapat menambahkan isi berita ataupun ingin melengkapi berita yang telah mereka buat.

4. Penulis : pada bagian ini nama penulis bisa dapat diubah pada postingan sebelumnya.

5. tanggal : pada menu ini postingan dapat diubah dengan perubahan pada saat itu.



Gambar 1.5 Halaman Input Berita User

input berita berfungsi untuk membuat berita yang akan tampil di halaman utama website. Pada bagian ini user atau pengguna website ini dapat menulis berita dan mengisi berita sesuai dengan data mereka dan dengan ketentuan yang ada pada halaman input berita ini.

1. judul : user dapat menulis judul yang mereka sesua dengan data yang mereka buat.

2. kategori : user dapat memilih kategori sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

3. isi berita : pada tampilan isi berita ini user dapat mengisi berita sesuai dengan data yang mereka punya.

4. Ringkasan : pada menu ringkasan pada tampilan input user ini berfungsi untuk membuat para pembaca atau orang yang mengakses berita ini penasaran dan ingin membuka dan melihatnya.

5. Penulis : nama penulis berita tersebut.

6. tanggal : pada menu ini menunjukan tanggal penulisan berita ini dibuat untuk sebuah isi website nntinya.

7. Gambar : pada menu ini bisa dibilang opsi lain jika diperlukan untuk para penulis berita apakah meraka memerlukan gambar atau tidak. Jika mereka memrlukan gambar maka mereka dapat memasukannya pada menu ini.



Gambar 1.6 Halaman Data Report

Data Report Admin, tampilan ini merupakan tampilan para Admin dimana disini tempat untuk melihat postingan yang diposting oleh admin pada saat mendapatkan keluhan atau masalah dari para pembaca. Terdapat tampilan nomor urut, nama dan email pelapor, Url atau link postingan yang di report, Isi report yang iatulis, dan Option yang harus dilakukan untuk postingan tersebut.

Gambar 1.7. Tampilan Data User

Pada bagian ini berfungsi untuk mennampilkan data user atau pengguna yang terdaftar ada sebuah website ini. Dimana pada bagian ini admin dapat meliah para user yang sudah terdaftar. Dimana pada bagian data user ni terdapat menu nomer : nomer urut para user, ID : id user yang sudah terdaftar, Nama : nama para user, Alamat, Pekerjaan, Username, Password dan option.

Gambar 1.8 Halaman Input Berita Untuk Admin

Pada bagian ini sama seperti pada bagian input berita untuk user dimana masih terdapat :

1. judul : pada bagian ini admin dapat menulisakan judul berita yang hendak dibuat.

2. kategori : pada bagian ini admin dapat memilih kategoru sesuai yang diinginkan..

3. isi berita : pada tampilan isi berita ini admin dapat mengisi berita sesuai dengan data yang ingin admin masukan atupun admin tuangkan dalam isi berita tersebut.

4. Ringkasan : pada menu ringkasan pada tampilan input admin ini berfungsi untuk membuat para pembaca atau orang yang mengakses berita ini penasaran dan ingin membuka dan melihatnya.

5. Penulis : pada bagian ini admin dapat menuliskan namanya.

6. tanggal : pada menu ini menunjukan tanggal penulisan berita ini dibuat untuk sebuah isi website nntinya.

7. Gambar : pada menu ini bisa dibilang opsi lain jika diperlukan untuk para penulis berita apakah meraka memerlukan gambar atau tidak. Jika mereka memrlukan gambar maka mereka dapat memasukannya pada menu ini.

Gambar 1.9 Tampilan Semua Berita Admin Dan User

Tampilan ini menampilkan semua data postingan yang di posting oleh user dan admin yang dapat di kelolah oleh admin itu sendiri, seperti mengedit kembali postingan oleh seluruh user yang telah di post atau mendelete postingan yang telah di posting oleh seluru user. Disitu terdapat nomr urut data yang masuk, ID dari user yang mem posting, Judul dari postingan itu, Kategori dari postingan tersebut, Deskripsi dari postingan tersebut, Penulis itu nama dari usernya, Tanggal merupakan tanggal upload postingan tersebut, dan Option untuk meng edit atau men delete postingan tersebut.



BAB III

3.1 Kesimpulan

Dalam website berita ini dapat dimanfaatkan untuk membaca berita secara online jika terkadang orang malas membaca Koran . Mengetahui cara membuat berita yang baik dan benar tanpa menimbulkan efek dan unsur negatif lainnya. Membaca berita tanpa harus menggunakan koran dan dapat dibaca dimana saja dan kapan saja

3.2 Saran

Web owl news ini masih dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Comments

Popular Posts